Efek Positif serta Negatif PR Untuk Siswa 

Nyaris sehari-hari Icha murung bila pulang sekolah. Bocah kecil kelas 2 SD itu umumnya semangat serta ceria, namun mulai sejak kelas tiga dia terlihat tidak semangat bila pergi sekolah. Nyatanya inilah penyebabnya si gadis kecil ini murung. 

 

“Icha, lelah setiap hari kerjakan PR sangat banyak. Icha gak dapat main sama adek terlebih rekan-rekan. Habis PR-nya banyak serta mesti dihimpun besoknya” 

 

Icha yaitu anak yang mandiri dia senantiasa kerjakan PR tanpa ada pertolongan orang tuanya. Bila dia alami kesusahan baru dia memohon Emaknya untuk menuntunnya. Tetapi, bila PR yang seabreg membuatnya capek. konsultan pr jakarta bisa menjadi solusi kamu.

 

 

Efek positif 

 

1. PR untuk memperkuat evaluasi di kelas 

 

Dengan memberi PR jadi siswa juga akan mengulang kembali evaluasi di kelas. Membaca materi yang sudah di sampaikan oleh guru hingga memperkuat evaluasi di kelas. 

 

2. PR membiasakan anak untuk belajar di rumah 

 

PR juga akan membiasakan anak mengulang kembali pelajaran saat dirumah. Pembiasaan ini juga akan memberi efek positif untuk anak. Hingga anak punya kebiasaan belajar di rumah 

 

3. PR mengajarkan anak tanggung jawab 

 

Anak mempunyai tanggung jawab untuk kerjakan tugasnya dirumah. Bila melalaikan tanggung jawab jadi dia juga akan memperoleh teguran dari guru. 

 

Efek negatif 

 

1. PR buat anak stresss 

 

Bila PR yang didapatkan guru sangat banyak serta susah jadi anak juga akan stress. Mungkin saja bukan sekedar anak orangtua juga turut stress. 

 

2. Orangtua yang terkadang repot kerjakan PR anak 

 

Bila PR yang didapatkan guru sangat susah untuk anak, pada akhirnya Emaknya yang kerjakan. Hal semacam ini memberi contoh yg tidak baik untuk anak. Karna anak juga akan berfikir kalau PR itu dapat dikerjkan oleh orang tua 

 

3. Turunkan kesehatan 

 

PR yang sangat banyak serta susah terlebih untuk siswa kelas bawah yakni kelas 1-3 bisa turunkan kesehatannya. Dapat dipikirkan bila dua sampai tiga jam anak kelas kerjakan PR jadi saat istirahat juga akan tersita 

 

4. Membatasi saat berkumpul dengan keluarga maupun bermain dengan rekan 

 

PR yang sangat banyak memerlukan banyaknya waktu juga. Hingga anak mempunyai sedikit saat berkumpul dengan keluarga terlebih rekan. 

 

PR tidaklah hal yang menakutkan. PR akan tidak buat anak maupun orangtua stress bila PR yang didapatkan guru sesuai sama umur anak, saat yang pas serta tidak menyusahkan anak.