Peranan serta faedah sepatu safety 

Sepatu Safety atau Safety Shoes adalah sisi dari Alat Pelindung Diri (APD), Sepatu Safety biasanya dipakai membuat perlindungan jari kaki dari timpaan barang berat yang jatuh, yang bisa berlangsung pada kecelakaan kerja, hingga jari kaki beberapa pekerja bisa telindungi dari karena yang fatal. 

 

Pakai sepatu safety untuk keselamatan 

Pada awal kehadirannya safety shoes di buat dengan dengan design yang serupa dengan sepatu boots untuk di gunakan oleh pekerja-pekerja project, manufacturing serta konstruksi, tetapi pada perubahannya sepatu safety mengadaptasi beberapa jenis resmi serta casual yang umum digunakan bekerja di kantor/office ataupun jalan-jalan atau enjoy. 

 

Mengenai Sole bawah Sepatu Safety terbagi dalam : 

 

1. Sole Bahan Synthetic, di mana kombinasi kimia synthetic yang padat, hingga sepatu ini kuat serta keras. Sole bawah sepatu keselamatan kerja yang memakai synthetic, dipakai untuk tempat kerja yang berat, seperti tempat kerja yang banyak bahan kimianya, banyak benda-benda tajam atau pecahan kaca serta tempat kerja yang lantainya begitu panas yang dapat menjangkau 100 derajat celcius, hingga sole sepatu keselamatan kerja yang terbuat berbahan synthetic yang sesuai sama di gunakan. Contoh : Pada perusahaan baja. 

 

2. Sole Bahan Polyurethane, di mana pada bahan ini sole sepatu juga akan empuk serta enteng, hingga sepatu keselamatan kerja yang memakai sole ini, sesuai sama dipakai oleh karyawan yang ada di tempat pekerjaan yang tidaklah terlalu berat, seperti di gudang, dibagian produksi yang tak ada pecahan-pecahan besi, atau benda tajam yang lain. Walaupun itu, kadang-kadang ada customer yang bekerja di tempat banyak benda tajam, namun memohon sole terbuat dari polyurethane yang tuturnya lebih enteng. Hal semacam ini bisa dikerjakan, jika pada sepatu safety murah itu di antara sole bawah serta sole dalam ditempatkan mid sole yang terbuta dari baja ringan, hingga kaki bisa lebih aman dari tusukan benda tajam. 

 

 

 

peranan dari Sepatu Safety (Safety Shoes) : 

 

1. Kurangi efek atau menghindari terlukanya jari-jari kaki dari hantaman, tusukan atau timpaan benda yang berat serta keras ketika berlangsung kecelakaan kerja. Oleh karenanya di bagian depan Sepatu Safety di beri pelindung dari lempengan baja. 

 

2. Kurangi efek atau menghindari luka bakar pada kaki pekerja ketika terserang paparan api atau panas. Oleh karenanya Safety Shoes terbuat dari Kulit asli (Genuine Leather) yang tahan pada api pada derajat panas spesifik serta lama paparan yang telah penuhi standard. 

 

3. Menghindari terjadinya slip atau terpeleset karna licin ketika memijak oli atau minyak yang ada pada lingkungan pekerjaan. Oleh Karenanya sisi Sol dari sepatu safety terbuat dari komponen yang Oil Resistance serta tidak tipis.