7 Tanda-tanda Dosen yang Mengasyikkan Menurut Mahasiswa 

Satu diantara pertanyaan yang saya tanyakanlah pada mahasiswa saat mengajar di kelas. Namanya orang hidup bermasyarakat, pastinya ada yang menyukai serta ada yg tidak sukai semuanya lumrah ada. Demikian halnya hidup dalam lingkungan universitas yang sarat juga akan budaya akademik tidak gantinya juga seperti kehidupan bermasyarakat biasanya. Dalam hal semacam ini saya begitu faham. Terlebih saya notabenenya yaitu orang baru dalam lingkungan universitas, pasti masih tetap butuh banyak belajar bersosialiasi dengan lingkungan universitas baik dengan petinggi universitas, rekan sesama dosen, ataupun belajar bersosialisasi dengan mahasiswa yang mempunyai ciri-khas yang tidak sama. Dasarnya saya mesti perbanyak pengalaman dalam dunia akademik itu dan cara menjadi dosen yang profesional

 

Mengajar mahasiswa sepanjang tiga semester buat saya mesti lebih kreatif serta inovatif. Dari beberapa ratus mahasiswa yang sudah saya ajar, terdapat banyak yang terasa kurang senang dengan apa yang telah saya kerjakan didalam kelas. Pasion saya memanglah terjun ke dunia pendidikan, sistem menuju prima tidak instan. Semuanya perlu saat, terlebih saat awal-awal saya ngajar dahulu, saya sempat di buat sangkal karna mahasiswa tidak dapat tenang didalam kelas. 

 

Di antara banyak mahasiswa ada pula yang dekat banget, dekat saja, serta tidak dekat sekalipun. Walau demikian saya berupaya memposisikan diri jadi seorang yang diperlukan mereka. Waktu di kelas, saya jadi dosen yang baik, diluar kelas saya jadi rekan, kakak, teman dekat, atau bahkan juga ada yang berasumsi saya jadi ibunya sendiri. Tersebut warna-warni dunia universitas, serta itu riil. Tetapi di balik itu semuanya saya senantiasa berupaya untuk jadi seseorang dosen yang mengasyikkan, terlebih untuk mahasiswa dan cara mengajar dosen yang disukai mahasiswa

 

Sempat saya ajukan pertanyaan pada mahasiswa, tanda-tanda dosen yang mengasyikkan untuk mahasiswa apa itu?. Mereka menjawab kalau di antara persyaratan dosen yang mengasyikkan menurut mahasiswa yaitu... 

 

  1. Dosen yang dapat mengerti mahasiswa. Mengerti mahasiswa disini yaitu, kondisi dalam satu kelas sangat bermacam sifat serta ciri-khas mahasiswa. Begitu juga dengan kekuatan mahasiswa dalam terima satu materi perkuliahan. Dosen yang baik yaitu yang dapat mengerti kekuatan mahasiswa. Seseorang dosen yang baik tidak mesti menyama-ratakan kekuatan semua mahasiswa, karna kekuatan mahasiswa memanglah berlainan, ada yang cepat mengerti materi, ada juga yang sulit mengerti materi. Dalam perihal ini pula dosen mesti sabar dalam menuntun mahasiswa supaya dapat mengerti materi perkuliahan yang di ajarkan. 
  2. Dosen yang bijak, yakni seseorang dosen yang jika berikan pekerjaan sesuai dengan kekuatan mahasiswanya. Dosen janganlah terus-terusan berikan pekerjaan serta pekerjaan selalu namun tidak berikan masukan pada mahasiswa. Dalam hal semacam ini mahasiswa terang juga akan terasa jemu serta lalu bisa menyebabkan rasa tidak suka mahasiswa pada dosen yang mempunyai tipikal begini. 
  3. Dosen yang kreatif, berarti dapat pilih cara pengajaran yang pas hingga materi yang di sampaikan dapat mengena. Umumnya dosen kreatif saat menjelaskan materi juga akan segera disisipkan contoh dalam kehidupan keseharian. Bila bhs Inggris, bagaimana? Yaa dapat duonk. Mengajar bhs Inggris dengan contoh konkrit kehidupan keseharian. Seumpama dengan memberi bacaan yang up to date, hingga mahasiswa dapat up to date dengan info dan berita-berita paling baru yang berlangsung di orang-orang. 
  4. Dosen yang murah senyum. Waahh.. nyatanya dosen yang murah senyum itu disenangi mahasiswa lho.. kebayang kan bila si dosen tengah tatap muka dengan mahasiswa sepanjang 100 menit untuk 1x meeting. Sepanjang 100 menit pertemuan sang dosen tidak senyum babarblas. Kelas telah merasa seperti kuburan! Bila dosen murah senyum, situasi kelas jadi positif serta aura penuh dengan kebaikan terpancar di kelas, sistem belajar mengajar juga akan jadi lebih hidup serta mengasyikkan. 
  5. Dosen yang bila berikan nilai tidak pelit serta janganlah subjective. Problem begini masih tetap seringkali berlangsung. Contoh, dosen lelaki muda juga akan memberi nilai bagus untuk mahasiswa yang cantik serta berpenampilan menarik. Walau sebenarnya, mungkin saja mahasiswa itu tidak demikian menonjol di bagian akademik atau tidak aktif di kelas. Mahasiswa yang tahu ada dosen yang begini pastinya akan malas pilih mata kuliah yang diampu oleh dosen tersebut di semester selanjutnya. 
  6. Dosen yang bila Ngajar bisa memahamkan mahasiswa. Tipikal seseorang dosen pasti tidak sama. Ada yang bisa menjelaskan materi dengan sederhana serta gampang pada mahasiswa, ada juga yang mengemukakan materi dengan bhs yang sangat tinggi bahkan juga memakai bhs ilmiah. Mahasiswa umumnya juga akan berkerut keningnya apabila berjumpa dengan dosen yang begini. Tidak nyenengin, tuturnya!. 
  7. Dosen yang saat ngajar diselingi permainan serta hadiah. Dalam hal semacam ini memanglah seseorang dosen mesti keluar modal! Kreativitas sang pengajar ditantang oleh mahasiswa, agar tidak jemu memanglah baiknya diselingi suatu hal yang dapat jadikan mahasiswa semangat ikuti perkuliahan. Satu diantaranya dapat lewat cara menghadiahkan kecil pada mahasiswa yang dapat menjawab pertanyaan. Dapat dengan animo memberi 'bintang' atau 'plus-plus' atau mungkin saja dapat dengan berikan hadiah seperti permen, cokelat atau hadiah beda yang seumpamanya murah dan meriah. 

 

Sesungguhnya banyak sekali lagi bebrapa persyaratan dosen meyenangkan. Tiap-tiap mahasiswa pasti juga juga akan mengatakan sebagian persyaratan dosen yang mengasyikkan berdasar pada type mereka semasing. So, bila menurut teman dekat blogger, dosen yang mengasyikkan menurut kalian yang seperti apa si?