3 Tips Cara Merawat Sepatu Agar Awet dan Tahan Lama

Sepatu safety adalah satu diantara aset terutama dalam tampilan seorang, baik itu wanita ataupun pria. Jenis sepatu yang Anda gunakan otomatis mencerminkan jati diri atau karakter Anda. Umpamanya, Anda pengagum sepatu-sepatu bermodel resmi seperti derby atau oxford mungkin Anda yaitu tipe orang yang begitu melindungi tampilan dan rapi. Tidak sama dengan pemakai sneakers yang lebih berkesan cuek dan tampak apa yang ada.

 

Image result for merawat sepatu safety

 

Aset terutama ini memanglah kadang-kadang diremehkan demikian saja, dan tak memperoleh perhatian spesial. Walau sebenarnya, sepatu safety terbaru adalah satu barang yang memerlukan perhatian ekstra dari sang yang memiliki. Cara memperlakukan tiap-tiap sepatu juga tidak sama. Pastinya dapat kita saksikan dari jenisnya maupun dapat pula dari jenis berbahan. Hal semacam ini sebenarnya adalah suatu hal yang mempunyai resiko tinggi karena jika Anda salah langkah saat membersihkannya, bukanlah mustahil akan berlangsung beberapa hal yg tidak dikehendaki pada sepatu Anda.

 

Sepatu mempunyai sebagian bahan harus, seperti leather serta suede. Ada pula material sekunder seperti canvas serta nylon. Mereka mempunyai cara perawatan yang tidak sama. Kesempatan ini TalkMen akan coba menolong Anda dengan memberi sebagian tips untuk menjaga sebagian jenis sepatu yang Anda punyai.

 

KULIT

Bahan kulit adalah satu favorite untuk semuanya pria, di mana pria akan terlihat lebih gagah dan berkelas saat mereka memakai sepatu memiliki bahan kulit. Bahkan juga sneakers yang memiliki bahan basic kulit juga lebih tampak mahal di banding dengan beberapa bahan seperti kanvas. Harga nya juga bermacam, bergantung jenis kulit yang digunakan, dan tentunya bergantung dengan brand yang memproduksinya. Menjaga sepatu memiliki bahan kulit terhitung susah-susah gampang, di mana tentunya Anda mesti mengetahui jenis kulit yang digunakan.

 

Dos :

1. Lakukan untuk bersihkan sepatu Anda dari debu karena debu yang lama melekat pada sepatu memiliki bahan kulit akan makin lengket dan akan sulit dibikin bersih.

2. Pakai semir sepatu yang sesuai sama warna sepatu Anda untuk membuat cerah warna kulit sepatu Anda. Janganlah dibiarkan warna kulit sepatu Anda tampak kusam.

 

Don’ts :

1. Jauhi penggunaan terlalu berlebih sepatu memiliki bahan kulit Anda karena penggunaan yang ekstrim dapat membuat kulit menekuk dan hal itu susah untuk dikembalikan seperti awal mulanya.

2. Janganlah pakai sikat yang kasar karena akan menyebabkan sisa pada sepatu Anda yang pasti akan membuat Anda menyesal. Cari sikat sepatu yang halus dan memiliki tekstur lembut.

3. Jauhi panas berlebihan saat mengeringkan sepatu. Jika Anda menginginkan mengeringkannya dengan alat pengering maka lapisi sepatu Anda terlebih dulu dengan koran sisa supaya sepatu tak terserang panas yang berlebihan yang dapat mengakibatkan bahan kulit pecah karena sangat kering.

 

SUEDE

Bahan ini begitu tampak menawan dan sangat banyak sepatu yang memakai bahan ini. Bahan semacam beludru ini umumnya jadi favorite untuk sepatu-sepatu boots casual seperti dessert boots atau wallabees. Sebelumnya beli sepatu dengan bahan suede, sebaiknya Anda cek dahulu jenis suede yang ada pada sepatu itu, karena bahan suede juga mempunyai kwalitas material yang tidak sama. Bersihkan sepatu suede memanglah jadi satu pekerjaan tempat tinggal yang begitu bikin pusing, terlebih jika bahan suede pada sepatu Anda telah terserang flek yang susah untuk hilang seperti cipratan lumpur atau tetesan tinta.

 

Dos :

1. Pakai handuk atau sikat spesial bahan suede untuk bersihkan. Sikat dengan perlahan-lahan supaya permukaan bahan tak rusak dan flek tak menebar semakin banyak.

2. Saat bersihkan, yakinkan anda membersihkannya dengan satu arah, supaya flek tak menebar dan permukaan suede tak berantakan.

3. Pakai cairan spesial pembersih suede untuk memudahkan Anda dalam bersihkan sepatu Anda.

 

Don’ts :

1. Jangan sampai malas dalam bersihkan bahan ini karena jika Anda malas dan sepatu Anda selesai dengan tidak sering dibikin bersih maka janganlah menyesal jika bahan yang satu ini mengeras dan makin susah dibikin bersih.

2. Biarlah sepatu memiliki bahan suede Anda kering perlahan-lahan sesudah dicuci maupun sesudah terserang hujan. Karena bahan suede juga mudah lapuk jika teksturnya sangat kaku karena panas yang terlalu berlebih.

 

MATERIAL LAIN

Terkecuali dua bahan di atas, sepatu juga mempunyai sebagian bahan lain yg tidak kalah menarik. Bahan nylon maupun canvas banyak kita jumpai dalam sebagian jenis sepatu, terlebih sneakers. Ada pula sneakers yang terbuat berbahan denim serta hemp yang terbuat dari serat alami hasil budidaya tanaman semacam ganja. Untuk sebagian bahan di atas, cara merawatnya juga bermacam. Namun cara menjaga dan membersihkannya tak serumit bahan leather atau suede. Namun, tetaplah perhatikan beberapa cara perawatannya supaya sepatu Anda tetaplah dalam keadaan sempurna.

 

Dos :

1. Pakai sikat bersih, dan dengan tingkat kehalusan yang tengah, janganlah sangat kasar, namun juga janganlah sangat halus. Hal itu mempunyai tujuan supaya kotoran-kotoran cepat rontok berbahan sepatu Anda.

2. Pakai lap atau kain halus untuk membersihkannya terlebih dulu. Yakinkan permukaan kain tak kasar.

3. Pakai cairan spesial untuk bersihkan sebagian jenis bahan ini. Pakai cairan semacam sabun untuk bersihkan kotoran-kotoran yang melekat pada sepatu.

 

Don’ts :

1. Jauhi penggunaan sabun bersihkan yang berbentuk keras seperti sabun bersihkan atau detergen karena dapat mengakibatkan kerusakan bahan dan melunturkan warna.

2. Untuk sepatu berwarna putih, lakukan waspada dalam mengambil langkah. Karena flek seperti tinta atau lumpur akan susah hilang jika telah terlanjur menyerap, terlebih pada bahan nylon.

Dari sebagian tips di atas, dapat diambil kesimpulan kalau menjaga sepatu itu tidaklah susah, namun memanglah memerlukan tenaga dan kesabaran ekstra dalam mengerjakannya. Anjuran saya, janganlah memakai satu sepatu saja untuk aktivitas keseharian karena tentunya akan memperpendek usia sepatu Anda. Pakai sepatu sesuai sama keperluan dan kebutuhannya. 

Write a comment

Comments: 0